Laman

Jumat, 11 Juni 2010

Imbang Di Laga Pembuka

Bola.net - Tuan rumah Afrika Selatan mengawali laga pembuka di Piala Dunia 2010 dengan mengimbangi tim kuda hitam Meksiko 1-1 dalam laga ketat di Soccer City Stadium, Johannesburg Jumat (11/6) malam.

Bermain di depan jutaan pendukungnya yang memadati stadion, Afrika Selatan bermain gugup menghadapi tekanan para pemain Meksiko yang memainkan pressure ketat dan tempo cepat. Beberapa kali penyerang muda El Tri, Carlos Vela dan Giovani dos Santos mampu mengeksploitasi pertahanan Bafana Bafana.

Dos Santos bahkan memiliki peluang emas di awal babak pertama ketika tendangannya menerima crossing Paul Aguillar masih bisa diblok kapten Afrika Selatan, Aaron Mokoena.

Meksiko terus menekan tim tuan rumah namun setiap peluang yang mereka peroleh belum bisa dimaksimalkan para pemain di lini depan. Peluang terbaik Meksiko didapat oleh Guillermo Franco yang menerima umpan lambung Vela di dalam kotak penalti namun tendangannya masih bisa dibendung kiper Itumeleng Khune.

Vela kemudian berhasil membobol gawang Khune di menit 37 menyusul kemelut usai tendangan sudut Meksiko, namun golnya dibatalkan wasit karena ia dianggap sudah berdiri offside.

Tuan rumah kemudian keluar dari tekanan di babak kedua. Mereka berhasil menghindari tekanan par pemain Meksiko dengan memainkan umpan daerah dan bola-bola lambung yang sulit diantisipasi para penggawa El Tri.

Hasilnya mereka segera unggul cepat di awal babak kedua tepatnya di menit 55. Melalui kerja sama yang apik di lini tengah, Siphiwe Tshabalala lepas dan menusuk ke kotak penalti sebelum melepas tendangan keras kaki kiri yang mengirim bola menembus sudut atas di tiang jauh gawang Oscar Perez.

Gol tersebut rupanya membuat mental para pemain Meksiko runtuh dan mereka bermain tak lagi disiplin seperti babak pertama. Lini tengah mereka tak lagi dominan, bahkan para pemain mereka sering melakukan kesalahan passing.

Namun mereka masih melakukan serangan berbahaya ke jantung pertahanan Afrika Selatan terutama di menit 60 ketika tendangannya menerpa sudut atas mistar gawang Khune. Meksiko terus berupaya membongkar pertahanan tuan rumah, namun permainan disiplin Afrika Selatan mampu mementahkan peluang Meksiko dan umpan-umpan lambung serta serangan balik cepat yang mereka peragakan mampu merepotkan lini belakang lawan.

Teko Modise mempunyai peluang untuk menambah keunggulan tuan rumah di menit 70 ketika ia menerima bola umpan jauh dan mendahului dua pemain belakang Meksiko, namun terlambat untuk mengeksekusi bola sehingga bisa dihentikan Oscar Perez.

Kapten Rafael Marquez akhirnya menyelamatkan Meksiko dari kekalahan lewat golnya di menit 79 ketika ia berdiri tanpa kawalan di tiang jauh dan menerima umpan silang Andres Guardado sebelum menaklukkan Khune dengan tembakan akurat dari dalam kotak penalti.

Kedua kubu kemudian bermain penuh semangat untuk meraih kemenangan di sisa waktu pertandingan, namun Afrika Selatan yang mendapat peluang terbaik di menit akhir ketika Katlego Mphela berhasil menaklukkan Francisco Rodriguez di lini belakang Neksiko, namun tendangannya masih membentur tiang bawah gawang Oscar Perez.

Peluang tersebut sekaligus menutup jalannya pertandingan dan kedua kubu harus puas berbagi poin 1. (bola/row)

0 komentar:

Posting Komentar